top of page

SMA KOLESE DE BRITTO MENENTANG PRAKTIK KONSUMSI DAN PERDAGANGAN DAGING ANJING!



Tim #DMFI telah beraudiensi dengan pihak sekolah pada 13 Desember 2023 terkait unggahan poster Manuk Pulang Kandang (MPK) Reuni Akbar @alumniDe Britto yang mencantumkan menu tongseng 'jamu' (tongseng daging anjing).


Kami disambut baik oleh Kepala Sekolah Bapak FX. Catur Supatmono, S.Pd., M.Pd., Wakil Kepala Sekolah Urusan Humas & Jejaring Bapak HJ. Sriyanto, M.Pd. & staf Sub-Pamong Pastor Daud Kefas Raditya SJ.


Kepala sekolah menegaskan bahwa SMA Kolese De Britto TIDAK PERNAH & TIDAK AKAN MENDUKUNG APAPUN yang tidak sesuai dengan nilai-nilai dasar institusi apalagi yang melibatkan kekerasan terhadap satwa; praktik ilegal perdagangan daging anjing & berbagai risikonya. 


Juga dijelaskan bahwa sekolah & perkumpulan alumni adalah 2 institusi yang terpisah. Acara MPK adalah acara tahunan yang diadakan oleh alumni & bertempat di sekolah tapi sekolah murni hanya sebagai penyedia tempat, sama sekali tidak terlibat dalam perencanaan kegiatan acara, dsb.


Pihak sekolah baru mengetahui keberadaan poster awal yang diunggah oleh @voilajogja pada 5 Desember 2023 setelah meminta klarifikasi dari perkumpulan alumni. Didapat keterangan bahwa poster itu ‘bersifat undangan ke internal alumni’ & hanya dibagikan melalui WAG alumni. Tapi poster ‘undangan’ itu justru menimbulkan pro & kontra, sehingga diputuskan bahwa menu tongseng jamu DITIADAKAN & poster diperbarui. Poster yang sudah diperbarui itulah yang dikomunikasikan dengan pihak sekolah, lalu secara resmi dipublikasikan pada 27 November 2023.


DMFI & SMA Kolese De Britto sepakat bahwa peristiwa yang terjadi adalah pelajaran yang amat berharga untuk kembali saling mengingatkan akan ajaran welas asih bagi kemuliaan semua makhluk dan keberlangsungan lingkungan hidup. DMFI juga mengapresiasi & menyambut baik ajakan terbuka kepala sekolah untuk bekerjasama melalui bidang edukasi. 


Terima kasih SMA Kolese De Britto atas dukungan dari institusi pendidikan dengan nilai-nilai baiknya tentu sangat berarti bagi perjuangan DMFI untuk peningkatan kesejahteraan hewan, melindungi masyarakat & mewujudkan Indonesia Bebas Daging Anjing #DogMeatFreeIndonesia

3 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

TENTANG #HALODMFI

DOG MEAT FREE INDONESIA

#HALODMFI  merupakan platform untuk kawan - kawan #DMFI, dalam gerakan akar rumput perjuangan, untuk bersama - sama menginformasikan dan berbagi mengenai edukasi, laporan, informasi dan menjadi relawan, mendukung Indonesia bebas dari perdagangan dari anjing dan kucing.

 

Kampanye Dog Meat Free Indonesia (DMFI), telah dimulai sejak tahun 2017, dan dikoordinir serta digerakkan oleh Jakarta Animal Aid Network (JAAN Domestic), Animal Friends Jogja, Humane Society International, FOUR PAWS International dan Animals Asia. Pelajari lebih lanjut mengenai kami disini.

WHATSAPP HOTLINE CHAT

© Copyright Koalisi Dog Meat Free Indonesia
bottom of page